Ramai orang yang menggemari ikan fillet dengan alasan lebih praktis ketika dilakukan.
Ikan fillet memang lebih praktis untuk dimakan. Antara cara-caranya ialah:

Membuang Isi Perut Ikan.
Isi perut ikan biasanya terdiri dari organ-organ dalam, darah, lemak dan kotoran. Oleh sebab itu, bagian isi perut ikan harus dibuang dan dibersihkan sebelum Anda mencuci ikan dan melanjutkan proses pembuatan fillet ke tahap selanjutnya.

Mencuci Ikan Hingga Bersih
Setelah membuang dan membersihkan seluruh isi perut ikan, langkah selanjutnya adalah mencuci ikan hingga bersih. Agar lebih bersih dan aroma amisnya hilang, Anda bisa mencuci ikan di air yang mengalir. Lakukan berulang-ulang hingga sisa-sisa kotoran dan darah yang masih menempel pada ikan segera hilang.

Memotong Kepala Ikan
Kepala ikan merupakan bagian yang tidak terpakai dalam olahan ikan fillet. Oleh karena itu, Anda bisa memotong dan menyisihkan bagian kepala ikan agar proses pengambilan daging ikan bisa berjalan dengan mudah. Kepala ikan yang berukuran besar bisa dimanfaatkan untuk membuat kaldu ikan atau gulai kepala ikan.

Memfillet Ikan
Setelah ketiga langkah di atas sudah dilakukan, tahapan terakhir yang merupakan tahapan paling penting adalah memfillet ikan. Memfillet ikan dilakukan dengan cara membelah ikan dari pangkal ekor, terus mengarah ke punggung hingga ke bagian batas kepala. Agar ikan fillet bentuknya sempurna, sebaiknya Anda menggunakan pisau yang tajam untuk memfillet. Ikan yang berukuran besar dan tebal biasanya lebih mudah difillet daripada ikan yang berukuran tipis dan kecil.
Sekarang, Anda boleh mempraktikkan langkah-langkah membuat ikan fillet tersebut di rumah, kan. Ikan fillet buatan Anda tentu lebih segar daripada ikan fillet beku yang ada di supermarket, sehingga resep makanan Indonesia yang Anda buat akan terasa lebih lezat.

About The Author

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.